CARA PEMBUATAN GENTENG

Diposting oleh Unknown on Minggu, 11 Mei 2014



         Genteng dibuat dengan beberapa proses. Pertama tanah yang sudah didapat dari galian diolah dan dicampur dengan tanah paras setelah itu tanah digiling dalam mesin penggilingan untuk  membuat tanah itu menjadi tipis dan tidak terlalu kasar, setelah penggilingan yang pertama, barulah tanah yang telah digiling tadi di masukan ke dalam mesin molen untuk di bentuk menjadi ukuran persegi dengan ukuran kurang lebih 20 X 20 cm, dengan tebal 3 cm. Setelah dibentuk seperti itu barulah tanah tersebut dimasukan ke dalam matres (cetakan genteng) untuk dibentuk menjadi genteng.
Setelah tanah tersebut membentuk genteng, tanah tersebut diangkat lalu didiamkan diruangan yang tidak terkena cahaya matahari agar genteng yang sudah dicetak tadi menjadi mengeras.
Ketika sudah mengeras genteng yang telah didiamkan tadi dijemur agar menjadi lebih keras lagi. Setelah proses penjemuran barulah genteng tadi dibakar dalam tungku besar selama kurang lebih 20 jam.
Setelah proses pembakaran genteng tadi akan berubah warna menjadi warna orange, dan setelah itu genteng siap untuk dipasarkan


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar