GENTENG MOJOSARI TERBARU 2014

Diposting oleh Unknown on Rabu, 14 Mei 2014


GENTENG MOJOSARI TERBARU 2014
Industri genteng press di Desa Sambikerep desa pekukuhan kecamatan Mojosari menghasilkan produksi genteng yang bermanfaat dalam kehidupan manusia yaitu sebagai penutup atap rumah yang terbuat dari tanah liat dan telah melalui proses pencetakan dan pembakaran. Proses pencetakan sesuai dengan jenis genteng yang diinginkan, terdapat berbagai bentuk genteng seperti genteng press biasa,karang pilang ,mantili serta wuwung
Proses pembuatan genteng Mojosari melalui tahap-tahap sederhana yang dimulai dengan penggalian bahan baku tanah liat atau lempung.kemudian tanah liat yang telah digali diangkut sampai ke tempat produksi genteng press. Tanah liat tersebut kemudian disiram atau dicampurkan dengan air sambil diaduk-aduk supaya air bisa meresap dan selanjutnya tanah liat didiamkan selama kurang lebih satu malam. Tanah liat dan air yang telah tercampur kemudian digiling dengan molen. Penggilingan dapat dilakukan lebih dari dua kali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Tanah yang sudah digiling kemudian dicetak dengan menggunakan alat press sesuai dengan jenis-jenis genteng yang ingin diproduksi. Hasil pencetakan genteng press kemudian diletakkan diatas kayu yang merupakan tempat dari genteng basah tersebut,setelah agak garing kemudian genteng dipindah dan dijemur. Penjemuran dilakukan di bawah sinar matahari langsung sekitar 12 jam pada musim kemarau agar cepat kering, sedangkan pada musim penghujan biasanya penjemuran bisa sampai satu minggu lebih. Genteng yang sudah kering kemudian diangkat langsung menuju JOBONG,JOBONG adalah tempat untuk pembakaran genteng,didalam jobong tersebut genteng ditata dan kemudian dilakukan proses pembakaran.Proses pembakaran menggunakan limbah kayu Tempat Penimbunan Kayu (TPK) yang dilakukan selama 12 jam-24 jam, tergantung kapasitas tungku pembakaran. Genteng mojosari telah siap untuk dipasarkan setelah melalui proses pembakaran.
Industri genteng Mojosari merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat Desa Pekukuhan terutama Dusun Sambikerep sehingga pengelolaannya sudah benar-benar diperhatikan. Daerah pemasaran produk genteng press Mojosari sudah menyebar luas baik didalam kota sendiri maupun luar kota.Desa Pekukuhan Dusun sambikerep Kecamatan Mojosari  yang terletak di Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu daerah yang memproduksi genteng di Jawa Timur. Daerah tersebut terkenal sebagai daerah sentra industri genteng press dan merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Mojokerto. Industri genteng press di Desa Sambikerep mulai berkembang sejak terjadinya peralihan cara pembuatan genteng press dari manual menjadi teknik press yaitu pada tahun 1990.
Genteng Mojosari yang kami produksi dibuat dari bahan-bahan pilihan dan diproses dengan teliti dan hati-hati sehingga menghasilkan genteng yang kuat dan indah.
Mengapa Genteng  Mojosari Lebih Diminati :
  1. Jauh lebih murah dari genteng lain yang sejajar baik mutu dan harganya,karena genteng yang kami produksi ini adalah buatan sendiri jadi pembeli langsung ke produsennya langsung harganya pun jadi semakin murah karena tanpa perantara maupun pihak kedua.
  2. Dari Bahan Tanah yang terpilih dan telah diuji dengan Prosentase kadar pasir yang telah di standarkan.
  3. Lebih banyak diminati, hingga 70% dari proyek-proyek di Indonesia karena alasan ekonomis, juga selalu siap dalam jumlah besar.
  4. Gentengnya halus dan licin, karena melalui beberapa kali proses pelumatan (pemolenan).
  5. Diproses dengan tenaga manual yang dapat diulang sehingga berat genteng selalu standar, tidak berlebihan tanpa mengurangi kekuatan genteng (tidak mudah pecah).
  6. Warna genteng kuning keemasan, awet hingga puluhan tahun, tidak mudah berlumut dan dijamin tidak rembes/bocor. 
Berikut jenis dan harga genteng mojosari yang kami tawarkan :
Untuk mengetahui lebih lengkap informasi serta pemesanan genteng dan bata press hubungi IMAM SYAFII -085816247786 atau datang langsung ke tempat kami yang beralamat di dusun SambikerepRT22RW09 Desa Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kab.Mojokerto

{ 2 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

dari daerah mana tanah liat yang di pakek dalam pembuatan produksi ?

Mahardika mengatakan...

Pres biasa harga pasnya berapa gan

Posting Komentar